Tips Mengecat Furnitur Lama

6 Tips Mengecat Furnitur Lama

Steven Sukamto • Februari 22, 2017

 

Jasarenovasi.net – Furnitur dalam ruang seperti meja makan, meja tamu, kursi teras, dan sebagainya biasanya bertahan cukup lama. Namun tampilan furnitur yang itu-itu saja terkadang membuat tampilan ruangan menjadi membosankan.

Masalahnya membeli sebuah furnitur baru, tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit. Soal itu, jangan pusing, mendekorasi sebuah ruangan tak selalu harus mengganti furniur lama dengan yang baru.

Kita bisa, kok, membuat tampilan dekorasi ruang lebih berbeda dari sebelumnya tanpa mengeluarkan banyak biaya. Caranya dengan memperbarui furnitur yang sudah ada dengan cara mengecat ulang. Mudah dan praktis!

Lepaskan Beberapa Item

Jika Anda ingin mengeceat furnitur seperti kursi atau bagian dalam lemari, lepaskan dahulu beberapa item seperti bantalan kursi, atau pegangan, sekrup dan sebagainya. Ini dilakukan untuk mempermudah proses pengecatan sehingga cat dapat menjangkau semua bagian yang seharusnya dicat nantinya.

Ampelas Furnitur

Sebelum proses pengecatan, wajib melalui proses pengampelasan terlebih dahulu. Gunakan ampelas halus untuk menggosok permukaan furnitur agar tidak merobek lapisan kayu.

Pengampelasan dilakukan untuk menghilangkan noda-noda yang menempel. Proses pengampelasan juga diperlukan agar cat baru dapat menempel dengan baik ke permukaan furnitur. Setelah diampelas, lap semua permukaan dengan lap bersih.

 

Aplikasikan Cat Dasar

Aplikasikan cat dasar ke seluruh permukaan furnitur. Anda bisa menggunakan cat dasar dengan tiner HG (high gloss). Biasanya cat dasar dengan tiner HG tahan lebih bagus dalam segala cuaca.

Untuk mengecat Anda bisa menggunakan kuas atau cat dasar semprot. Setelah itu, tutupi bagian yang tidak sempurna dan biarkan kering selama satu jam. Setelah kering ampelas lagi menggunakan sedikit air.

Cat Furnitur

Setelah aplikasi cat dasar, tinggal cat dengan cat furnitur untuk finishing. Pilih warna cat yang sesuai dengan selera atau tema ruangan.

Anda bisa menggunakan warna putih untuk memunculkan gaya shabby chic atau warna-warna cerah untu gayapop art maupun bohemian.

Perabot yang dapat diperbarui dengan mengecat umumnya berbahan dasar kayu. Jadi, pilihlah cat khusus kayu. Sebelum mengecat, aduk cat searah jarum jam dan sebaliknya. Lalu tambahkan air sekitar 10% dari jumlah cat. Aduk 3-5 menit.

Gunakan kuas busa agar lebih rapi, tidak meninggalkan serat ijuk, benang, nilon, atau plastik. Pengecatan harus dilakukan searah serat kayu agar hasil pengecatan lebih rapi.

Proses Pengeringan

Hindari menjemur langsung di bawah terik matahari karena dapat menyebabkan penggelembungan udara akibat pemuaian material kayu, hingga mendorong lapisan cat yang belum sempurna. Penjemuran cukup dilakukan di dalam ruang berventilasi sehingga tetap ada sirkulasi udara dari luar.

Tips Ide Kreasi:

• Sebelum mengecat ulang, sebaiknya cari referensi model terlebih dahulu. Cari warna cat furnitur yang sedang tren dan sebaiknya disesuaikan dengan tema ruang yang ingin Anda buat.

• Jika Anda mengecat ulang furnitur kursi, Anda juga dapat mengganti bagian bantalan kursi dengan motif yang lebih up-to-date dan disesuaikan dengan cat baru sehingga semakin menambah cantik tampilan.

 

Keterangan lebih lengkap hubungi tim Excel Group

SMS/Call/WA/Line:

0838.888.0910 (Steven Sukamto)

0818.818.720 (Alternatif)

PIN 5D949B9A

Email: jasarenovasinet@gmail.com / steven.sukamto@yahoo.com

* jika kami belum menjawab telepon, mohon berkenan via SMS/WA dulu

Comments

comments

Posted in Uncategorized and tagged , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *