Tips Membersihkan Rumah Setelah Banjir

Banjir Surut, Saatnya Bersih-bersih Rumah!

Steven Sukamto • Februari 24, 2017

Jasarenovasi.net – Musibah banjir yang hampir merata di sejumlah daerah di Indonesia sudah terjadi hampir satu minggu belakangan ini. Tak terkecuali di Ibu Kota.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta pada tanggal 21 Februari kemarin, terpantau ada genangan air di pemukiman warga dengan ketinggian minimal 10 cm dan maksimal 200 cm dengan rincian; 25 Kecamatan, 39 Kelurahan dan 129 RW.

Diantaranya termasuk Cipinang Melayu, Kemang, Cakung, Mampang Prapatan, Kelapa Gading, Duren Sawit, Pegangsaan, Pasar Rebo, hingga Pulo Nangka Timur.

Usai dilanda banjir, pekerjaan yang terbilang cukup melelahkan adalah membersihkan bekas kotoran yang menempel di seluruh ruangan rumah. Sebab jika dibiarkan terlalu lama bisa berakibat terhadap kesehatan anggota keluarga.

Lalu, langkah apa sajakah yang perlu dilakukan saat membersihkan rumah pasca terkena banjir?

Gunakan air bersih

Lumpur dan air yang kotor sudah pasti akan menyeruak ke berbagai sudut rumah. Untuk mengatasinya, sediakan air bersih yang dialiri dengan selang panjang berikut serokan karet untuk mengusir kotoran tersebut dari dalam rumah.

 

Pakai pelindung

Penyebaran penyakit pernafasan dan pencernaan pasca banjir bisa berlangsung cepat. Supaya tidak tertular penyakit-penyakit yang lazim terjangkit setelah bencana banjir, sangat disarankan menggunakan sarung tangan, alas kaki, dan masker saat membersihkan rumah.

Semprotkan disinfektan

Masih terkait dengan penyakit pasca banjir, disinfektan sangat diperlukan saat membersihkan hunian. Oleh karenanya, semprotkan cairan disinfektan ke dinding, lantai, atau daerah yang sulit terjangkau seperti kolong lemari atau di sela meja.

 

Rendam di air panas

Bisa jadi peralatan makan di dapur seperti sendok, garpu, dan spatula, ikut terendam air banjir. Ingat, mencuci saja belum tentu cukup.

Ada baiknya rendam alat makan tersebut di dalam ember yang telah berisi air panas. Jika perlu, tambahkan sabun cuci piring dan biarkan selama kurang lebih 15 menit.

Jemur sofa dan kasur

Pengeringan menggunakan cahaya matahari adalah yang paling efektif. Selain mengeringkan, juga dapat membunuh kuman dan mengurangi bau tak sedap.

Untuk barang-barang berukuran kecil, seperti pakaian, selimut, atau handuk, bisa dicuci dengan cara biasa atau direndam dahulu menggunakan air panas.

Sedangkan sofa, karpet, dan kasur, setelah dibersihkan dan dijemur, perlu disemprot dengan cairan disinfektan untuk membunuh kuman yang bersarang. Setelah itu lakukan penjemuran ulang.

Lap dengan spons

Untuk dinding yang terkena kotoran bekas banjir, sebaiknya pakai spons basah yang sudah diberi sabun cuci piring terlebih dulu. Apabila saat dibersihkan cat mengelupas, jangan diteruskan dan tunggu dinding hingga benar-benar kering untuk dicat kembali.

 

Keterangan lebih lengkap hubungi tim Excel Group

SMS/Call/WA/Line:

0838.888.0910 (Steven Sukamto)

0818.818.720 (Alternatif)

PIN 5D949B9A

Email: jasarenovasinet@gmail.com / steven.sukamto@yahoo.com

* jika kami belum menjawab telepon, mohon berkenan via SMS/WA dulu

Comments

comments

Posted in Uncategorized and tagged , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *