Perencanaan pencahayaan dekoratif dalam renovasi rumah

Jasarenovasi.net- Sebuah rumah tinggal layaknya memenuhi kriteria kenyamanan bagi para penghuninya. Sebuah rumah yang nyaman umumnya memenuhi kriteria-kriteria tertentu yang dimiliki baik oleh perancang maupun penghuninya. Kriteria-kriteria ini mencakup banyak aspek, mulai dari segi fisik bangunan, kerapihan pengerjaan dan finishing bangunan, suasana ruang, hingga aspek-aspek psikis dan psikologis yang dialami penghuni, seperti kelembapan ruangan, kenyamanan dalam beraktivitas dalam rumah, dan berbagai aspek lainnya. Semua hal ini tentunya perlu diperhatikan dalam tahapmerancang, agar sedemikian rupa rumah yang dibangun memenuhi aspek-aspek yang diharapkan tersebut.

Pencahayaan dalam rumah tinggal menjadi salah satu element tidak nyata (bukan secara fisik) yang memegang peran yang cukup penting dalam rumah tinggal. Pencahayaan dalam rumah tidak hanya berperan sebagai penerang ruangan dalam kegrlapan, namun terlebih dari itu, pencahayaan dalam rumah mampu memberikan kesan dan menciptakan impresi tertentu akan sebuah ruangan, ´atmosfir´ yang terbentuk dari titik-titik lampu yng diletakkan, hingga mampu menciptakan nuansa-nuansa tertentu dalam sebuah ruangan tertentu dalam rumah tinggal, seperti ruang-ruang yang terkesan ´hangat´, ´dingin´, ´bersih´, tentunya juga dipadukan dengan permainan material-material dalam ruangan serta elemen-elemen pembentuk ruang lainnya. Secara umum, pencahayaan dapat dibagi menjadi beberapa elemen.

  • Pencahayaan alami

Pencahayaan alami merupakan hal yang terutama perlu diperhatikan dalam perencanaan sebuah rumah tinggal.  Sekedar tips, sebuah rumah dapat dikatakan sehat apabila setiap ruangan yang ada di dalamnya memiliki pencahayaan alami yang cukup. Pencahayaan alami, selain memberikan cahaya yang cukup pada ruangan dalam rumah, juga mampu memberikan kealamian dan ruang yang sehat; bebas dari lembap dan memberikan kesan ruang yang terang, sehat, dan nyaman. Pencahayaan alami pada rumah tinggal bisa diperoleh dengan menambah hubungan secara visual dengan ruang luar, seperti pintu dan jendela, bidang-bidang transparan seperti dinding kaca, ruang yang semi-outdoor, ruang-ruang yang terhubung dengan ruang luar pada void dalam rumah, hingga penempatan skylight pada ruangan yang menyambung dengan bidang atap.

 

  • Pencahayaan buatan

Pencahayaan buatan dalam rumah juga menjadi elemen yang tidak kalah penting dengan pencahayaan alami. Tujuan dasar dari pencahayaan buatan ini tidak lain adalah untuk memastikan bahwa sebuah ruangan memiliki iluminasi / penerangan yang cukup untuk mewadahi kebutuhan fungsi yang berada di dalamnya. Pencahayaan buatan akan sangat berperan untuk menerangi ruangan pada malam hari. Selain itu, pencahayaan buatan mampu membantu untuk membentuk nuansa dan suasana di dalam maupun luar sebuah ruangan. Pencahayaan buatan ini dapat dibedakan lagi menjadi pencahayaan dasar, yaitu pencahayaan yang berfungsi memenuhi kebutuhan penerangan dalam setiap ruangan. seperti yang kita tahu, setiap ruangan dengan fungsi yang berbeda-beda, tentunya memiliki kebutuhan pencahayaan yang berbeda pula. misalnya, kebutuhan cahaya untuk ruang baca / perpustakaan dalam rumah tentu akan lebih tinggi / terang, apabila dibandingkan dengan ruang tidur atau kamar mandi. Kebutuhan penerangan dasar ini perlu diperhatikan, agar kebutuhan cahaya akan setiap fungsi dalam ruang dapat terpenuhi dengan baik dan penghuni akan merasa nyaman ketika menjalani aktivitas dalam ruangan tersebut.

Pencahayaan buatan lainnya ialah pencahayaan dekoratif: jenis pencahayaan ini lebih mengarah kepada pembentukan nuansa dalm sebuah ruang / ruangan dalam rumah, lebih kepada pemenuhan aspek estetika, keindahan dan keselarasan ruang ketika menggunakan elemen pencahayaan pada malam hari. Pencahayaan dekoratif ini juga menjadi penting dalam proses perancangan, karena pencahayaan dekoratif juga menjadi salah satu elemen utama penentu bagaimana kualitas ruang yang akan tercipta, seperti yang diharapkan oleh perancang. Pencahayaan dekoratif dapat diciptakan sedemikian rupa membentuk kesan romantis, segar, formal,  maupun unsur-unsur lainnya yang ingin dicapai dalam sebuah ruangan. Unsur dekorasi ini meliputi unsur-unsur pencahayaan interior, maupun eksterior.

 

  • Pencahayaan dekoratif interior

Pencahayaan dekoratif dalam ruang (interior) dapat meliputi elemen-elemen pencahayaan  yang ditempatkan pada dinding, plafon, juga dapat berupa perabotan lampu-lampu dalam ruang yang memberi nilai estetis. Beberapa gambar di atas menceritakan bagaimana ruang-ruang dalam rumah tinggal yang memancarkan kesan romantis, dingin, dan juga formal, melalui teknik-teknik pencahayaan yang diatur sedemikian rupa memunculkan suasana ruang tertentu, tentunya disesuaikan dengan elemen fisik bangunan yang telah ada dalam ruangan, hingga menciptakan ruangan yang selaras dan enak dilihat. pada sisi eksterior, elemen pencahayaan buatan dapat ditempatkan pada dinding-dinding luar yang membentuk pencahayaan bangunan secara keseluruhan, juga elemen-elemen pencahayaan yang bersifat parsial, seperti penerangan teras, juga teknik-teknik pencahayaan pada taman, dan sebagainya. Selain menjadi lebih terang, suasana ruang luar yang terbentuk pada ruang luar dapat memberikan kesan nyaman serta aman ketika beraktivitas di ruang luar pada malam hari.

 

  • Permainan dekoratif ekterior

Beberapa persyaratan teknis tentunya perlu dipersiapkan untuk mendukung elemen pencahayaan buatan ini, oleh karena itu tahap ini perlu disusun dengan matang pada tahap perancangan bangunan. Persyaratan-persyaratan teknis tersebut dapat meliputi perencanaan titik-titik lampu, jalur listrik untuk menuju area penerangan, juga kapasitas listrik yang diperlukan untuk mampu mendukung pencahayaan rumah secara keseluruhan. Unk tips lainnya, lampu-lampu LED yang sekarang ini banyak dijual di pasaran dapat berkontribusi besar untuk menciptakan pencahayaan dekoratif ini. selain hemat listrik, lampu-lampu LED ini juga relatif dapat bertahan lama. Untuk rumah-rumah yang ingin menambah titik penerangan untuk menciptakan suasana, dapat juga dilakukan sebagai instalasi tambahan, asalkan kapasitas listrik yang dibutuhkan mampu mencukupi, serta lokasi yang diinginkan masih dapat ditambahkan titik-titik lampu serta jalur listrik yang dibutuhkan.

Keterangan lebih lengkap hubungi tim Excel Group

SMS/Call/WA/Line:

0838.888.0910 (Steven Sukamto)

PIN 522BD88C

Email: steven.sukamto@yahoo.com

 

Comments

comments

Posted in Uncategorized.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *