Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam proses finishing pembangunan rumah

 

Jasarenovasi.net- Dalam merenovasi rumah selain memperhatikan desain dan tahap dalam konstruksi bangungan proses finishing sebenernya merupakan tahap yang paling penting. Tahap finishing penting karena merupakan prosedur untuk pengecekan pada prosedur-prosedur merenovasi rumah. Tahap finishing kurang menjadi fokus dalam merenovasi rumah karena merupakan tahap terakhir dalam merenovasi rumah dan pemilik rumah biasanya juga kurang mengerti hal-hal yang harus di perhatikan dalam tahap finishing dalam merenovasi rumah. Tahap finishing sangat penting karena akan sangat menentukan kenyamanan dan hasil dari renovasi rumah yang dilakukan. Di bawah ini jasarenovasi.net akan mencoba membagikan hal-hal yang penting diperhatikan dalam tahap finishing merenovasi rumah. Jasarenovasi.net akan membagi dalam 4 tahap dalam proses finishing renovasi rumah.

  • Tembok/ dinding

Pastikan seluruh bagian tembok, atas maupun samping, sudah diplester & diaci. Akan lebih baik lagi bila diberi pelindung anti bocor. Sebagai referensi, menurut saya ada 2 merek yang cukup terkenal yaitu aquap**** dan no d***. Hal ini perlu untuk mengurangi kemungkinan terjadinya perembesan air dari luar, biasanya saat hujan lebat disertai angin. Selain itu, dengan diplester dan diaci, tembok juga akan lebih awet.

 

  • Atap/ genteng

Pastikan seluruh bagian atas rumah, nok-nok genteng maupun talang air dibuat dengan rapi dan dilapisi dengan pelindung anti bocor. Biasanya bagian atas rumah agak luput dari perhatian kita, karena untuk mengeceknya kita perlu berepot-repot ria untuk naik ke atap. Karena tidak semua orang punya keberanian untuk naik tangga ke atap rumah. Selain itu, posisi genteng pun harus dicek dan dipatikan tidak ada yang renggang. Karena bila ada yang renggang, mungkin saja air hujan bisa masuk dan mengalir kedalam.

 

  • Pemasangan penutup/ pintu/ jendela

Pastikan semua engsel pintu maupun jendela dipasang dengan sempurna, termasuk pemasangan semua sekrup-sekrupnya. Karena bila tidak sempurna, ada kemungkinan pintu atau jendela tersebut bisa bergeser.

 

  • Ukuran penutup/ pintu/ jendela

untuk pintu dan jendela terbuat dari kayu, pastikan ada jarak antara dengan kusen maupun lantai. Karena dimusim hujan, biasanya kayu akan mengembang. Meskipun menggunakan kayu yang kualitasnya baik (misalnya kamper samarinda) dan sudah di-oven, tetap saja ada pengembanganan dari kayu-kayu tersebut, meskipun tidak begitu banyak (berdasarkan pengalaman jasarenovasi.net).

 Keterangan lebih lengkap hubungi tim Excel Group

SMS/Call/WA/Line:

0838.888.0910 (Steven Sukamto)

PIN 522BD88C

Email: steven.sukamto@yahoo.com

Comments

comments

Posted in Uncategorized.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *