Hal penting dalam perancangan sanitasi rumah

Jasarenovasi.net– Sanitasi merupakan faktor penting dalam pembangunan sebuah rumah atau bangunan. Definisi sanitasi itu sendiri adalah segala upaya yang dilakukan manusia untuk menjamin terwujudnya kondisi yang memenuhi persyaratan kesehatan. Sedang penjabaran dalam kegiatannya adalah sistem yang terkait dengan penggunaan air bagi kehidupan dan kesehatan manusia.

Sebagai suatu sistem, sanitasi juga memerlukan pengelolaan atau manajemen yang baik. Sebab apabila tidak dilakukan, akan menimbulkan gangguan pada kesehatan. Pengelolaan air yang ada di rumah, tentu sangat berkaitan dengan instalasi air, baik penataan sumber air, pipa saluran,  lokasi dan arah aliran air dan lain sebagainya.

Ada beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan dalam merancang sebuah sistem sanitasi di rumah, yaitu :

  • Instalasi Air Bersih

Ketersediaan air bersih yang cukup tentu menjadi faktor utama dalam sistem sanitasi pada rumah. Apapun kegiatan sanitasi yang dilakukan di rumah, tidak akan lepas dengan pemakaian air bersih, baik itu penggunaan secara langsung maupun hanya sebagai pelengkap saja. Dalam penataan instalasi air bersih ini memperhatikan pada sistem penataan pipa, saluran air, distribusi air, dan sebagainya. Dengan demikian, instalasi air bersih  dalam sanitasi turut memberikan dampak bagi kesehatan penghuni rumah tersebut.

  • Instalasi Limbah

Ada dua sistem instalasi air limbah yang bisa diterapkan, yaitu saliran pipa tunggal dan pipa ganda. Saluran pipa ganda pada sisi kanan dan kiri rumah adalah alternatif terbaik untuk sistem pembuangan air limbah. Namun kedua sistem ini masing-masing juga tetap memiliki nilai plus dan minus.

Untuk sistem saluran pipa ganda, bila salah satu saluran pipa pembuangan buntu atau tersendat maka saluran  pembuangan lainnya masih bisa berfungsi. Sedang kerugiannya, pada saluran pipa ganda pemakaian pipa menjadi lebih boros karena memakai pipa 2 kali lebih banyak daripada memakai sistem saluran pipa tunggal. Jika ingin melakukan penghematan, gunakan saja sistem saluran pipa tunggal, dengan menempatkan pipa utama di salah satu sisi bangunan rumah. Dan untuk menghindari tersendatnya saluran air gunakan pipa yang berdiameter tidak kurang dari 4 inchi.

  • Septic Tank

Dalam pembuatan septic tank, sebenarnya ada ketentuan baku yang ditetapkan dengan SNI (Standar Nasional Indonesia). Ketentuan standar ini mencakup sistem, ukuran, serta prosedur pembuatannya. Beberapa standar diantaranya yaitu dalam SNI, ukuran dimensi septic tank ditetapkan berdasar jumlah penghuni rumah, memperhatikan kekuatan bahan septic tank, cara pemasangannya, dan lain sebagainya.

Keterangan lebih lengkap hubungi tim Excel Group

SMS/Call/WA/Line:

0838.888.0910 (Steven Sukamto)

PIN 522BD88C

Email: steven.sukamto@yahoo.com

Comments

comments

Posted in Uncategorized.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *